Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD

Transisi Paud SD


Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD


Gurusd.id - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diperlukan dalam rangka penerimaan siswa baru di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.


Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.


Pelaksanaan MPLS bagi siswa baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi mereka.


Ketentuan penyelenggaraan MPLS diatur secara khusus dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.


Diantara tujuan MPLS adalah :

  1. Mengenali potensi diri siswa baru.
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.
  4. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya.
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong pada diri siswa.


Adapun untuk membantu bapak ibu guru mempersiapkan pelaksanaan MPLS bagi siswa SD, berikut ini rekomendasi 7 kegiatannya: 

  1. Pengenalan lingkungan sekolah 
  2. Sambutan dari kepala sekolah dan guru
  3. Bernyanyi bersama 
  4. Mengenalkan tata tertib di sekolah. 
  5. Mengenalkan ruang kelas
  6. Bermain game interaktif 
  7. Menjelaskan jadwal di hari pertama efektif belajar kepada orang tua siswa.


Berikut dibawah ini beberapa Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD yang kami himpun dari berbagai sumber:

  • Program MPLS Jenjaang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK Versi Kemdikbud Unduh disini


Format Asessmen Diagnostik Kognitif dan Non Kognitif Implementasi Kurikulum Merdeka


Video Komunitas Guru SD



1 comment for "Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD"

  1. mpls merupakan wadah yang sangat berguna bagi anak usia sd yang mana mengalami masa transisi dari pendidikan PAUD ke SD

    ReplyDelete