Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Lengkap Untuk Semua Jenjang
Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Lengkap Untuk Semua Jenjang
Pada abad ke-21 ini, kemampuan berliterasi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif.
Gurusd.id - Berdasarkan hal itulah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.
Keterampilan membaca berperan penting dalam kehidupan kita karena pengetahuan diperoleh melalui membaca. Oleh karena itu, keterampilan ini harus dikuasai peserta didik dengan baik sejak dini.
Dalam Pelaksanaannya GLS melibatkan berbagai pihak di berbagai tingkatan mulai dari pemangku kepentingan di tingkat pusat, daerah, satuan pendidikan sampai masyarakat. Tiap pihak yang terlibat dalam pelaksanaan GLS memiliki peran masing-masing.
Penjelasan mengenai peran masing-masing pemangku kepentingan dijabarkan dalam dokumen Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah.
Di dalam dokumen tersebut juga dijelaskan konsep, definisi, struktur koordinasi, strategi, gambaran umum tahapan kegiatan dalam GLS, serta monitoring dan evaluasi.
Untuk melaksanakan kegiatan GLS, diperlukan suatu panduan (dapat diambil diakhir artikel ini) yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (2016).
Buku Panduan GLS ini berisi penjelasan pelaksanaan kegiatan literasi yang terbagi menjadi tiga tahap, yakni: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran beserta langkah-langkah operasional pelaksanaan dan beberapa contoh praktis instrumen penyertanya.
Selain Desain Induk, ada juga Panduan Gerakan Literasi Sekolah untuk tiap jenjang pendidikan yang menjelaskan tahap-tahap pelaksanaan GLS dan dapat diambil sesuai dengan jenjang yang tertera dibawah ini :
> Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SLB.
> Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD.
> Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP.
> Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA.
> Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMK.
> Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Lengkap Untuk Semua Jenjang, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.
sumber : http://www.pediapendidikan.com/2017/06/buku-panduan-gerakan-literasi-sekolah-lengkap.html
Di dalam dokumen tersebut juga dijelaskan konsep, definisi, struktur koordinasi, strategi, gambaran umum tahapan kegiatan dalam GLS, serta monitoring dan evaluasi.
Untuk melaksanakan kegiatan GLS, diperlukan suatu panduan (dapat diambil diakhir artikel ini) yang merupakan penjabaran lebih lanjut dari Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (2016).
Buku Panduan GLS ini berisi penjelasan pelaksanaan kegiatan literasi yang terbagi menjadi tiga tahap, yakni: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran beserta langkah-langkah operasional pelaksanaan dan beberapa contoh praktis instrumen penyertanya.
Selain Desain Induk, ada juga Panduan Gerakan Literasi Sekolah untuk tiap jenjang pendidikan yang menjelaskan tahap-tahap pelaksanaan GLS dan dapat diambil sesuai dengan jenjang yang tertera dibawah ini :
> Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SLB.
> Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD.
> Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP.
> Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA.
> Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMK.
> Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Lengkap Untuk Semua Jenjang, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.
sumber : http://www.pediapendidikan.com/2017/06/buku-panduan-gerakan-literasi-sekolah-lengkap.html
Post a Comment for "Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Lengkap Untuk Semua Jenjang"
Silahkan berkomentar dengan sopan dan santun